Permukaan Meja Lemari Asam pakai Phenolic Resin ?

Berkaitan mengenai top table yang menipu yang dibahas di artikel mejalaboratorium.com , ternyata hal yang sama juga terjadi di lemari asam. Bagaimana beberapa kompetitor entah secara sengaja atau tidak menawarkan produk furniture laboratorium lemari asam dan meja laboratorium dengan top table bahan phenolic resin, namun ternyata diberikan epoxy glass. Sejak awal banyak sekali salah kaprah, ditambah dengan banyak konsumen yang tidak paham bedanya.

 
jual lemari asam murah
Contoh Lemari Asam menggunakan epoxy glass


1. Phenolic, meski sering sekali disebut phenolic resin (ini bahan yang berbeda), sebenarnya dengan pihak supplier permukaan meja ini lebih menyebutnya phenolic solid.

lemari asam murah
Struktur Lapisan Phenolic Solid
Bisa dilihat di kotak garis merah bahwa phenolic itu mirip seperti roti isi, bagian atas dan bawah merupakan decorative sheet, dan bagian tengah adalah core berwarna hitam dengan ketebalan sesuai kebutuhan.
Decorative sheet itu sendiri bisa dilihat di kotak garis biru sebelah kiri yaitu bahan High Pressure Compact Laminates yang terdiri dari Overlay Paper,  pattern paper, dan Kraft paper. Jadi bisa disimpulkan bawah phenolic solid itu adalah core bahan phenolic yang dilapis HPL dengan tekanan tinggi. Konstruksi seperti ini memang punya kelemahan, yaitu dari usianya paling 5-6 tahun, setelah itu harus diganti.
Coba Perhatikan gambar phenolic solid di bawah ini :
meja fume hood
Phenolic Solid Untuk Furniture Laboratorium
 Bahan phenolic ini tersedia mulai dari tebal 3 mm hingga 25 mm. Tebal 3-4 mm biasa dipakai untuk partisi toilet, sedangkan tebal >6 mm bisa dipakai untuk top table. Apa kelebihan phenolic akan dibahas di artikel lain.

2. Epoxy Glass
Epoxy glass yang dimaksud di sini adalah  Epoxy  Glass kelas FR-4 yang mempunyai kelebihan tahan panas, kemampuan isolator tinggi. terbuat dari bahan epoxy resin dan fiberglass yang disatukan dengan panas tinggi dan tekanan tinggi. Merupakan bahan dengan absorsi water (kemampuan serap air) yang rendah, membuatnya sangat populer sebagai isolator, sehingga lazim dipakai di panel listrik, sebagai papan sirkuit / rangkaian, trafo, terminal tegangan tinggi.

lemari asam
Lembaran Epoxy Glass FR-4

Menurut perbandingan mekanis antara phenolic dan epoxy glass FR-4, sebagai berikut :
- Epoxy glass FR-4 lebih tahan di area lembab karena pada ketebal 3 mm, ratio absorsi air <0,1%, namun pada phenolic mencapai 0,9%
- Epoxy glass FR-4 punya kekerasan 110 rockwell, phenolic kira kira antara 95-115 rockwell.  Jadi Epoxy glass ini punya kemampuan ketahanan mekanis yang bagus. Namun pertanyaannya, bagaimana jika digunakan sebagai permukaan meja di lemari asam anda?

Berikut ini adalah table perbandingan resistansi asam pada bahan phenolic dan epoxy glass FR-4
Perbandingan Resistansi Asam
 Epoxy glass mengalami banyak masalah ketika harus berhadapan dengan asam kuat. Selain itu, permukaan epoxy glass FR-4 mudah tergores dan menimbulkan cekungan. Meski tidak menyerap cairan, tumpahan tertinggal bahan kimia di cekungan goresan bisa berbahaya.

Semoga setelah baca artikel ini, jangan tertipu lagi! Kalau ingin yang lemari asam yang pasti buat kebutuhan ruangan laboratorium anda, silahkan kontak kami :
Teknovasi Sukses Mandiri
Office & Workshop:
Jalan Brigjen H. Saptadji Hadiprawira No. 86
Kelurahan Cilendek Barat, Kec. Bogor Barat
Kota Bogor- Jawa Barat
Telepon : 0251-8375989
E-mail : teknovasimandiri@gmail.com ; teknovasimandiri@yahoo.co.id
Pin Channel BBM Furniture Laboratorium : C001F96C5