Sejarah Lemari Asam

Lemari Asam atau Fume Hood merupakan peralatan yang banyak dipakai di laboratorium penelitian. Fungsi dan kegunaan dari lemari asam / fume hood khan sudah diketahui di artikel PENGERTIAN LEMARI ASAM lalu bagaimana sebenarnya asal muasal sejarah lemari asam bisa muncul pertama kali?


Asal Mula Lemari Asam
Mula - mula diketahui bahwa Thomas Edison merupakan salah satu peneliti / ilmuwan yang sudah peduli mengenai ventilasi di ruang laboratorium. Beliau menggunakan cerobong asa perapian untuk membuang gas dan bau dari hasil penelitiannya.

awal mula lemari asam
Thomas Alfa Edison - Salah peneliti yang menggunakan lemari asam
Namun penggunaan kata "Fume Hood" sendiri untuk pemakaian di laboratorium baru digunakan tahun 1923 di Universitas Leeds. Saat itu peralatan / Unit lemari asam itu terdiri dari meja kerja dimana orang harus berdiri untuk beraktivitas, dan jendela yang bisa dibuka tutup dengan sistem vertikal (sash).

Tahun 1936, Labconco memproduksi lemari asam pertama secara komersial. dengan bentuk sudah memakai jendela pembatas vertikal dan operator bisa memasukkan tangannya ke dalam kabinet.

Masa Perang Dunia Ke II  kemajuan teknologi lemari asama karena tingginya kekhawatiran paparan bahan kimia beracun dan radiaktof. Sehingga dibutuhkan lemari asam yang aman.
Setelah itu banyak model lemari asam dibuat dengan banyak rekayasa, mulai dasi bahan body, sistem penyaringan, hingga rekayasa aliran udara, kecepatan blower hisap, hingga rekayasa menemukan cara terbaik untuk mendapatkan aksi maksimum blower hisap namun hemat energi listrik.

Karena kebutuhan lemari asam pula maka dikembangkan bahan penyaring  high-efficiency particulate air (HEPA) pada awalnya.

Jika anda membutuhkan lemari asam/fume hood dengan harga lebih terjangkau namun berkualitas, silahkan kontak kami.