PENGERTIAN LEMARI ASAM

Lemari asam adalah peralatan ventilasi lokal yang didesain untuk mengurangi paparan dari gas berbahaya, uap beracun, mau pun debu. Lemari asam secara umum merupakan peralatan laboratorium yang berukuran besar, dengan kabinet bawah sebagai penahan/meja. Peralatan lokal ventilasi yang dipakai di laboratorium antara lain : kabinet udara bersih, biosafety cabinet, dan kotak inokulasi. Semua peralatan ini merupakan peralatan untuk mengontrol pengaruh udara yang berbahaya yang berbahaya baik untuk personil, bahan penelitian, dan peralatan laboratorium. Fungsi lemari asam adalah melindungi personil dari bahaya terhirup gas beracun selama proses pengujian, riset mau pun pembelajaran di laboratorium.
 


Lemari asam
Lemari Asam produksi Teknovasi Sukses Mandiri
Lemari asam terdri dari 2 jenis : ducting dan ductless (tanpa ducting). Prinsip lemari asam ini sama saja, udara dihisap dari depan pintu lemari asam, kemudian dikeluarkan oleh blower hisap, menuju keluar gudang atau bahan penyaring.


Pada bagian depan lemari asam - fume hood bisa dibuka, sehingga udara dalam ruang proses lemari asam berpotensi bercampur dengan udara di ruangan laboratorium. Untuk menghindari bahaya demikian, maka aliran udara yang baik merupakan titik kritis dari sebuah peralatan lemari asam.  Desain lemari asam dan unjuk kerjanya difokuskan untuk menghindari bahaya percampuran  air di lemari asam ke ruang laboratorium





Fitur Desain Lemari Asam

a. Bahan Lemari Asam : Rangka dan Body

Awalnya, lemari asam lebih banyak dibuat dengan bahan kayu, yang kemudian sejak tahun 70-an dan 80-an, secara perlahan lemari asam dengan bahan pelat yang dilapisi bubuk epoxy sudah banyak dipakai. Kemudian, pada tahun 90-an, muncul lagi bahan phenolic resin (merupakan plastik laminasi dan serat kayu) yang tahan kimi dan panas api. Lemari asam secara umum terbagi atas 5 ukuran lebar (panjang ke samping) yaitu, 1000 mm, 1200 mm, 1500 mm, 1800 mm, dan 2000 mm. Kedalaman (depth) bervariasi mulai dari 700 mm - 900 mm, dan ukuran tinggi mulai dari 1900 mm-2700 mm. Bagian depan adalah pintu yang bisa ditarik ke bawah dan ke atas (sash window), dengan kaca, sehingga personil bisa melihat ke dalam ruang operasi lemari asam.

b. Fitur Pengaturan Pada Lemari Asam
- Kontrol blower hisap
- Kontrol lampu penerangan
- Sinyal peringatan aliran udara rendah
- Sinyal peringatan pembukaan pintu depan terlalu tinggi.
- Keran air
- Keran Gas

c. Lapisan Dalam lemari asam :
Fiberglas Reinforced Polyester (FRP)
Epoxy Resin
Square Corner Stainless Steel
Coved Corner Stainless Steel for Radio Chem applications.
Phenolic Resin
Cement Board
HPL (High Pressure Laminate)

d. Counter Top (Meja Kerja) Lemari Asam
Phenolic Resin
Epoxy Resin
Stainless Steel Sus 316