Aliran Udara Lemari Asam / Air Flow Fume Hood

Air Flow atau Aliran udara merupakan hal yang sangat penting untuk unit lemari asam. Aliran udara yang tidak benar, berpotensi membuat gas berbahaya di dalam kabin lemari asam menjadi terhambat. Alih-alih disedot dan dibuat melalui pipa cerobong, malah berbalik ke dalam ruangan, yang akan menyebabkan bahaya inhalasi bagi personil laboratorium.


gambar aliran udara lemari asam
Gambar 1 : Aliran Udara  yang Ideal pada Lemari Asam

fume hood air flow
Gambar 2 : Aliran Udara Jika Jendela dibuka dan ditutup

 Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk memperlancar aliran udara lemari asam :

1. Area Kerja
Minimal penempatan barang dan area kerja adalah 25 cm dari jendela. Hal ini supaya udara yang masuk tidak langsung dihalangi, dan mempunyai sudut untuk masuk telebih dahulu.

lemari asam
Gambar 3 : Jarak Kerja / barang Minimal di Lemari Asam

2. Terlalu Banyak Barang di Belakang
Sesuai  dengan Gambar 1, aliran udara  yang masuk lewat jendela, akan menuju saluran cerobong melal akan masuk lewat celah di belakang (belakang baffle) dan di depan baffle. Salah satunya tidak boleh ada yang terhambat. Karena salah satu terhambat bisa membuat keseimbangan menjadi terganggun, aliran udara akan menjadi lebih cepat.

Fume Hood
Gambar 4. Aliran Udara ke Belakang Baffle pada Lemari Asam

Harap dihindarkan penempatan barang yang menutupi aliran udara menuju baffle.
jual lemaria asam
Untuk menghindari barang tertumpuk menghalangi alira udara, dibuatkan rak dengan jalur udara di bawah.

Lemari asam lokal



4. Terlalu Banyak Orang yang lalu Lalang - Kru bergerak dengan cepat.
Hal ini kelihatan memang sepele dan sering dilupakan. Namun, lemari asam membutuhkan aliran udara yang lancar dan seimbang. Ketidakseimbangan udara ini bisa terjadi jika kru yang bekerja di depan lemari asam menghasilkan gerakan udara yang cukup besar semisal membuat gerakan mengipas-ngipas, atau berlari cukup cepat. Himbaulah semua kru yang beraktivitas dekat dengan lemari asam untuk berhari hati.

Demikian, semoga tips aliran udara lemari asam ini bermanfaat. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut atau konsultasi mengenai lemari asam, silahkan kontak kami :