Lemari Asam menggunakan bahan Granit / Granite

Hingga saat ini masih ada beberapa supplier yang masih menjual lemari asam dengan meja kerja granit / granite. Kami juga awal  mempelajari pembuatan lemari asam, berpikir bahwa granit adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk meja kerja lemari asam. Ada juga batuan keras lainnya, seperti marmar dan limestone. Namun pilihan jatuh pada bahan granit  karena beberapa hal :

- Tampilan bagus
- Tahan Panas
- Mudah didapatkan
- Secara umum tahan terhadap asam dengan pH tidak terlalu rendah
- Salah satu jenis batu yang sangat keras
- Harga relatif lebih murah
- Tahan gores

meja lemari asam
Permukaan Granit Warna Hitam

Namun dalam perkembangannya,  lemari asam mempunyai beberapa kelemahan :
- Meski keras, pori-porinya tergolong cukup lebar. Jangan tertipu dengan tampilannya yang licin akibat proses polishing. Untuk menutup pori-pori ini, bisa dilakukan dengan proses "seal", namun disarankan minimal setiap 2 tahun harus dicek

- Penggunaan pada jenis asam kuat menimbulkan bercak (stain) hingga pelapukan. Bahkan granit tidak tahan pada beberapa jenis pembersih.



Lalu mengapa tetap ada yang menjual lemari asam dengan counter top/worktop berbahan granit? Seperti yang dikatakan di atas, awalnya kita juga pernah membuat dengan bahan granit, artinya memang bisa digunakan hanya sampai batas tertentu. Jika proses di dalam chamber lemari asam hanya dengan proses pemusnahan sampel, tentu saja tetap bisa digunakan apaagi dengan sifat granit yang tahan panas. Tapi tumpahan bahan kimia yang sering terjadi tenti saja memperpendek usia meja kerja.

lemari asam murah
Ilustrasi : Lemari Asam FH-1500 Costum

Kalau mau membuat kitchen set memang cocok memakai granit karena mudah dibersihkan, kelihatan indah, dan kebetulan hanya panas dan air yang harus dihadapi. Kalau untuk meja laboratorium dan lemari asam, bertambah lagi faktor yang harus dihadapi yaitu bahan kimia dan bakteri. Memangnya mau coba - coba buat peralatan laboratorium anda?

Jika membutuhkan konsultasi pembuatan lemari asam, meja laboratorium, biosafety cabinet, silahkan kontak di e-mail kami : teknovasimandiri@gmail.com